Sosialisasi Spesifikasi CCTV dan AIS Receiver di Plant PLTU Mamuju 2x25MW

Pada Selasa, 7 Januari 2025, PT Rekind Daya Mamuju mengikuti acara sosialisasi yang diselenggarakan oleh Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Belang-Belang, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan dengan mengirimkan perwakilan yaitu Laode Muh ZulFardinSyah, IT Staff, dan Irvan Ardiansyah, Project Manager HRGA Revitalisation.

Acara ini membahas seputar hal-hal yang berkaitan dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor SE-43 Tahun 2024 dimana diatur spesifikasi teknis untuk pemasangan Closed Circuit Television (CCTV) dan Automatic Identification System (AIS Receiver) pada Terminal Khusus (TERSUS) dan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS). Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kepatuhan terhadap regulasi serta meningkatkan efisiensi pengawasan di area pelabuhan.

Sosialisasi ini mencakup beberapa hal penting antara lain:

1.⁠ ⁠Spesifikasi teknis CCTV: meliputi fitur seperti kemampuan penggunaan siang-malam, jangkauan minimal 3 NM, dan media penyimpanan dengan durasi minimal 14 hari

2.⁠ ⁠Spesifikasi teknis AIS Receiver: meliputi kemampuan menerima data NMEA, integrasi dengan web server, dan kompatibilitas dengan perangkat lunak Vessel Management Software (VMS)

3.⁠ ⁠Skema integrasi sistem CCTV dan AIS Receiver dengan aplikasi I-Motion milik Kementerian Perhubungan.

PLTU Mamuju yang merupakan pembangkit listrik tenaga uap, memiliki Terminal Khusus untuk menunjang kegiatan usaha penyediaan tenaga listrik. Melalui sosialisasi ini, RDM dapat menerapkan pengaturan CCTV sesuai dengan ketentuan yang berlaku. RDM berterima kasih atas langkah Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dalam mengedepankan teknologi untuk mendukung keamanan dan manajemen pelabuhan yang lebih baik. Semoga implementasi spesifikasi teknis ini berjalan lancar demi kelancaran kegiatan usaha penyediaan listrik dan penerapan peraturan dari Kementerian Perhubungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *